Fakultas Ekonomi UST - Profil

Sambutan Dekan

Hingga memasuki era pasar bebas Asean , pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia tak kunjung berkorelasi dengan pemerataan kesejahteraan. Pesatnya pertumbuhan dunia industri, baik hulu hingga hilir belum mampu menuntaskan mengentaskan kemiskinan. Studi ilmu ekonomi sampai hari ini masih berorientasi pada strategi kompetisi, konsentrasi capital, belum berimbang dengan studi tentang pemberdayan kaum buruh, ekonomi kolektif atau ekonomi gotongroyong, dan manajemen pemanfaatan sumberdaya alam untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan didukung oleh Program studi Manajemen dan Program studi Akuntansi, sebagai bagian dari pilar kampus kebangsaan semakin memantabkan diri dalam pengembangan studi ekonomi yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat, usaha ekonomi kolektif dan asas kekeluargaan, sebagaimana pesan dari para pendiri bangsa seperti Ki Hadjar Dewantara, Bung Karno, dan Bung Hatta.

Kami senantiasa berusaha untuk mendapatkan pengakuan publik melalui berbagai upaya peningkatan pembelajaran dengan mengacu pada ketentuan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tanggi. Selama ini kami berusaha untuk melakukan peningkatan berbagai aspek, baik sarana prasarana, sumberdaya manusia, dan proses pembelajaran yang semakin terstandar sesua yang telah ditetapkan. Sebagaimana amanat pendiri bangsa, kami akan melanjutkan perjuangan di jalur pendidikan tinggi, dengan tekad bulat mempersiapkan para calon sarjana ekonomi, yang berasal dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk mempersiapkan diri menjadi sarjana ekonomi yang berdedikasi dalam pembangunan kesejahteraan bangsa dalam kebhinnekaan kekayaan budaya, dalam rngka menghadapi era pasar bebas Asean.