UNGGUL DAN BERDAYA SAING INTERNASIONAL: MAHASISWA PRODI AKUNTANSI MENGGELAR SHARING SESSION BERSAMA MAHASISWA UNIVERSITI MALAYSIA SABAH (UMS)

UNGGUL DAN BERDAYA SAING INTERNASIONAL: MAHASISWA PRODI AKUNTANSI MENGGELAR SHARING SESSION BERSAMA MAHASISWA UNIVERSITI MALAYSIA SABAH (UMS)

2023-05-22 13:16:57

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) melalui Ikatan mahasiswa Program Studi Akuntansi (IMPSA) telah sukses menggelar kegiatan Sharing Session yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 Mei 2023 pukul 09.00 WIB. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Eko Yulianto, S.T., M.B.A. selaku Wakil Dekan III FE UST dihadiri oleh Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA selaku Kaprodi Akuntansi, Dosen Prodi Akuntansi, mahasiswa Prodi Akuntansi FE UST, serta Mahasiswa dari Universiti Malaysia Sabah (UMS).

Sharing Session ini digelar dalam rangka mewujudkan Visi Prodi Akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing internasional, serta meningkatkan kualitas jalinan kerjasama dengan berbagai institusi luar negeri untuk mendukung eksistensi Program Studi Akuntansi FE UST di Asia Tenggara. Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Ketua Program Studi Akuntansi, dalam sambutannya berharap agar kegiatan Sharing Session ini mampu memberikan wawasan mahasiswa secara global serta memberikan ide inovatif sehingga mahasiswa bisa saling bersinergi untuk dapat maju bersama sama.

Kegiatan sharing session dengan tema “Becoming A Great Accountant” menghadirkan narasumber Shathiswaran Anak Lelaki S. Rajagopal dan Enzelly Bandang selaku perwakilan mahasiswa Accounting Program UMS, serta Mayrisa Eka Putri menjadi wakil dari alumni Program Studi Akuntansi FE UST. Dalam materinya, Mayrisa Eka Putri memberikan pemaparan dengan judul “Proud to be a Professional Accountant” pada sesi pertama. “Seorang akuntan harus Transparant, Accountable, Responsibility, Independent, dan Fairness (T.A.R.I.F.) dalam bekerja,” terang Mayrisa dalam pemaparannya. Selain itu, Mayrisa juga menyarankan mahasiswa untuk jangan pernah lelah belajar dan tingkatkan rasa ingin tahu, karena dengan itu pola pikir seorang akuntan akan semakin baik.

Sesi kedua dalam kegiatan ini dipaparkan oleh mahasiswa dari UMS yaitu Shathiswaran S. Rajagopal dan Enzelly Bandang dengan judul “Becoming a Great Accountant, You Define You”. Secara ringkas, kedua pemateri tersebut menegaskan bahwa untuk memiliki soft skill, kualifikasi professional, dan pengalaman kerja terkini, mahasiswa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan interpersonal, kepemimpinan, etika pemecahan masalah, manajemen waktu, dan kerja sama tim yang baik. Shathiswaran dan Enzelly juga menjelaskan pentingnya situs jejaring sosial untuk professional, LinkedIn. Kedua pemateri tersebut menyarankan mahasiswa untuk membuat akun LinkedIn sebagai sarana personal branding dan memperluas jaringan koneksi.

Meskipun kegiatan ini baru pertama kali dan diselenggarakan melalui Platform Zoom Cloud Meeting, namun antusias dari mahasiswa sangatlah tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa sebagai bentuk rasa ingin tahu mahasiswa saat pemateri selesai melakukan pemaparan materi. Harapannya, Sharing Session dapat terus diselenggarakan mengingat banyaknya manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa.

Ditulis oleh:

IMPSA

Umi Wahidah

Fuadhillah Kirana Putri

 

Disunting oleh Humas FE UST