International Review and Benchmarking for Subject Forensic Audit: Accounting Study Program to Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia

International Review and Benchmarking for Subject Forensic Audit: Accounting Study Program to Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia

2023-11-09 07:54:15

Materi pembelajaran atau materi pendidikan perlu dipilih dengan tepat agar seoptimal mungkin membantu siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebagai upaya memberikan jaminan pembelajaran dan meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) melakukan Review dan Benchmarking materi perkuliahan Audit Forensik. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan kunjungan ke Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia Cawangan Shah Alam pada hari Jumat, 29 September 2023 pukul 08.00 Waktu Kuala Lumpur.

Bertempat di Perpustakaan Tun Abdul Razak (PTAR) UiTM Cawangan Shah Alam, kegiatan ini melibatkan reviewer dari salah satu dosen UiTM yaitu Associate Professor Dr. Halil Paino. Associate Professor Dr. Halil Paino merupakan salah satu expertise Faculty of Accountancy UiTM dalam bidang Audit Forensik dan merupakan member dari Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). Sementara perwakilan dari Program Studi Akuntansi FE UST diwakili oleh Umi Wahidah, S.E., M.Ak., AWP. selaku dosen pengampu matakulia audit forensik.

Berdasarkan hasil Review dan Benchmarking materi perkuliahan Audit Forensik ini mendapatkan banyak masukan dan sharing antara lain adalah penamaan matakuliah yaitu menjadi akuntansi forensik, menambahkan sumber referensi dari regulasi Pemerintahan Indonesia, serta penambahan referensi case study dari ACFE. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengenalan salah satu alat yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran audit forensic yaitu lie detector juga dikenal sebagai tes poligraf. Dilaksanakannya Review dan Benchmarking materi perkuliahan Audit Forensik ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas mutu pembelajaran dan memberikan jaminan pembelajaran terutama dari kancah internasional sehingga mampu meningkatkan kualitas Pendidikan yang ada di Program Studi Akuntansi FE.

Penulis: Umi Wahidah