Fakultas Ekonomi UST - Berita | Mahasiswa Fakultas Ekonomi UST Menerima Raih Dana Kemenkop UKM

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UST Menerima Raih Dana Kemenkop UKM

2014-09-09 10:54:21

Lima orang mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE-UST)  Yogyakarta menjadi pemenang Penyusunan Rencana Usaha bagi Wirausaha Pemula dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Suyanto, SE., M.Si (Wakil Dekan FE-UST) dan Sri Ayem, SE., M.Sc (Kaprodi Akuntansi) mengatakan, mahasiswa mendapatkan ide setelah praktik mata kuliah kewirausahaan yang diampu Siti Sumartiah, SH., M.Hum dan Sunarto, SE., MM. "Kelima mahasiswa itu meraih dana total Rp. 56 Juta dengan aneka usaha menggunakan bahan pangan lokal," kata Suyanto di Kampus FE-UST, Jalan Kusumanegara No 121 Yogyakarta.

Sri Ayem menyebutkan, kelima mahasiswa itu Rina Puji Purwaningsih (produk berupa Ampyang Mete Karangmojo Aneka Rasa dengan dana stimulan Rp. 12juta), Umi Wahidah (Susu Jagung Stramel Rp. 14juta), Valentinus FC (Taw-taw Chicken Rp. 17juta), Vevri Ristasari (Resoles Jamur Kancing Rp. 5juta), dan Oscar Valentino (Kahoy Kripik Kulit Singkong Rp. 8juta).

Kelima mahasiswa Semester VI itu mengaku senang menjadi pemenang Rencana Usaha dari Kemenkop UKM. "Kami berlima sudah uji coba dan praktik memasarkan produk yang kami ciptakan, "kata Valen FC.

Mereka juga senang, setidaknya sebelum lulus telah belajar kewirausahaan. Untuk itu, setelah lulus tidak harus mencari pekerjaan, tetapi menciptakan peluang dan pekerjaan sendiri.