Fakultas Ekonomi UST - Berita | Desa Wisata Pengkok Desa Binaan Fakultas Ekonomi UST

Desa Wisata Pengkok Desa Binaan Fakultas Ekonomi UST

2014-09-09 10:54:21

Desa Pengkok Kecamatan Patuk Gunungkidul yang merupakan Desa Binaan dari Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE-UST) Yogyakarta terdiri dari 6 (enam) padusunan, yaitu Ngembes, Panjatan, Pengkok, Srumbung, Ngrancahan dan Kalinampu, dengan total jumlah penduduk 3.029 jiwa.

Desa wisata Pengkok terletak di Desa Pengkok Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, sekitar 4 km arah Selatan Kota Patuk. Wilayah ini memiliki pemandangan alam yang khas pedesaan. Pengkok berbatasan dengan Desa Dlingo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata Pengkok memiliki wisata unggulan Jurug Gede, Watu Ireng dan Sungai Oya, sebelum sampai ke lokasi, wisatawan dapat juga mengunjungi Pengawetan Bambu yang ada di Dusun Pengkok, Patuk, Gunungkidul atau sekedar mencicipi makanan khas setempat.

Lokasi Jurug Gede, Watu Ireng dan Sungai Oya dapat dijangkau kendaraan roda dua atau empat yang relatif aman untuk dilalui atau berjalan kaki menyusuri persawahan warga sekitar sambil menikmati pemandangan alami yang indah. Selain sebagai salah satu tujuan wisata, wilayah sekitar biasa dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan. wisatawan juga dapat menikmati buah kelapa muda segar, karena di sekitar lokasi banyak tumbuh pohon kelapa. Insya Allah dengan pengelolaan yang terus berkelanjutan, maka sebagai salah satu Rintisan Desa Wisata yang ada di Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul akan terus tumbuh dan berkembang lebih baik.