Fakultas Ekonomi UST - Berita | Peringatan Hari Jadi Perguruan Tamansiswa Ke-92

Peringatan Hari Jadi Perguruan Tamansiswa Ke-92

2014-09-09 10:54:21

Tanggal 3 Juli merupakan Hari Jadi Perguruan Tamansiswa. Peringatan Hari Jadi Perguruan Tamansiswa diawali dengan kegiatan Sarasehan Refleksi Perguruan Tamansiswa pada tanggal 2 Juli 2014 pukul 15.30 yang diisi langsung oleh Ki Ageng Prof. Sri-Edi Swasono dilanjutkan dengan peluncuran website Perguruan Tamansiswa dengan alamat www.tamansiswa.org. Pada tanggal 3 Juli 2014 pagi harinya pukul 07.30 dilaksanakan upacara bendera di selasar Pendopo Tamansiswa Yogyakarta.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini dalam rangka HUT Perguruan Tamansiswa yang ke-92, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa selaku cabang dari Perguruan Tamansiswa menandai peringatan ini dengan melakukan peletakan batu pertama gedung baru. Pembangunan gedung baru tersebut diperuntukkan untuk Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bertempat di Jalan Batikan/Jalan Kali Manunggal, Tuntungan, Umbulhajo, Yogyakarta.

Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 3 Juli 2014 pukul 09.30 dengan diawali oleh Walikota Yogyakarta, Bapak Haryadi Suyuti, dilanjutkan oleh Ki Ageng Prof. Dr. Sri-Edi Swasono selaku Ketua Pembina Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Nyi Imam Sudiyat (Dewan Pinisepuh), Nyi Ir. Litasari (wakil dari Keluarga Ki Hadjar Dewantara), Ki Prof. Dr. Adhi Susanto, M.S (Ketua Pengurus Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa), Ki Drs. H. Pardimin, M.Pd (Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta), dan Ki Prof. Dr. H. A. R. Tilaar.

Pada sore harinya diadakan bedah buku karya Ki Prof. Dr. H. A. R. Tilaar dengan judul “Sowing the Seed of Freedom : Ki Hadjar Dewantara as A Pioneer of Critical Pedagogy” bertempat di Gedung University Club Ruang Bulaksumur UGM. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam IX dan menghadirkan para pembedah buku yaitu Prof. Dr. Sudjito (UGM) dan Ki Prof. Dr. Slamet PH (UNY/UST) dengan moderator Prof. Dr. Sri-Edi Swasono (Ketua Pembina Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa). Usai acara bedah buku dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Sumber : http://ustjogja.ac.id/News-peringatan-hari-jadi-perguruan-tamansiswa-ke92.html