Fakultas Ekonomi UST - Berita | NOBAR CLOSING CAPITAL MARKET 2016 AND OPENING CAPITAL MARKET 2017

NOBAR CLOSING CAPITAL MARKET 2016 AND OPENING CAPITAL MARKET 2017

2017-01-10 10:37:18


Pada hari Jum’at, 30 Desember 2016 Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menyelenggarakan  acara Nonton Bareng Closing Capital Market 2016 yang bertempat di Ruang Nyi Hadjar. Acara ini diikuti oleh 47 peserta serta dihadiri oleh tamu undangan. Acara dimulai pukul 14.30 WIB yang dibuka oleh Bapak Risal Rinofah selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Acara Nobar Closing Capital Market 2016 (penutupan perdagangan efek 2016) ini mengulas isu-isu yang terjadi di pasar modal Indonesia sepanjang tahun 2016, serta laporan singkat  kinerja Bursa Efek Indonesia oleh Direktur Bursa Efek Indonesia. Di kantor BEI pusat acara tersebut juga di meriahkan oleh Band Slank.

Acara Nobar Closing Capial Market 2016 di awali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan doa, sambutan oleh Direktur Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata, dan dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang sekaligus membuka acara Nobar Closing Capital Market 2016. Acara tersebut juga di isi dengan materi tentang Pasar Modal oleh Dr. Sri Hermuningsih MM., CFP. Setelah materi disampaikan oleh beliau, acara dilanjutkan dengan Nobar Closing Capital Market 2016 yang ditayangkan secara langsung melalui IDX Chanel. Untuk menyemarakkan suasana, di penghujung acara panitia telah menyiapkan sebuah game yang kami beri nama KAHOOT. Sepanjang berlangsungnya game tersebut, antusias para peserta sangat luar biasa, karena game ini  memberi tantangan tersendiri untuk adu kecepatan dalam menjawab pertanyaan mengenai pasar modal dan berbagai informasi umum mengenai Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Panitia memberikan apresiasi kepada peserta game KAHOOT yang menduduki 3 besar dengan skor tertinggi.


Acara berikutnya, adalah Opening Capital Market 2017 yang diselenggarakan pada hari Selasa, 3 Januari 2017 di Ruang Nyi Hadjar Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh 45 peserta beserta tamu undnagan. Acara dibuka oleh Bapak Suyanto.,SE.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pasar modal oleh Dr. Sri Hermuningsih MM., CFP selaku Direktur Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Acara dilanjutkan dengan Nobar Opening Capital Market 2017 yang ditayangkan secara langsung melalui IDX Chanel. Dalam Nobar kali ini, pihak Bursa Efek menyampaiakan mengenai pertumbuhan emiten baru selama tahun 2016 sebanyak 16 emiten. Jumlah ini masih dianggap belum merupakan pertumbuhan yang signifikan dari jumlah perusahaan yang belum melakukan IPO. Bursa Efek juga menyampaikan pencapaiannya selama tahun 2016 yaitu Bursa Efek Indonesia menduduki peringkat 5 diantara Bursa Efek dunia, dan menduduki peringkat 2 diantara Bursa Effek Asia Pasifik, serta menduduki peringkat 1 diantara Bursa Efek dunia dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang.


Sama seperti acara Closing Capital Market 2016, panitia juga menyiapkan game KAHOOT di penghujung acara. Namun, dalam  game kali ini massih seputar pasar modal dengan tingkat kesulitan soal lebih tinggi untuk meningkatkan rasa kompetisi para peserta. Panitia tetap memberikan apresiasi kepada peserta yang menduduki 5 besar dengan skor tertinggi. Selain game KAHOOT, untuk lebih memeriahkan acara panitia juga memberikan apresiasi terhadap peserta yang datang paling awal dan peserta terheboh selama game berlangsung. Selanjutnya, Dr. Sri Hermuningsih MM., CFP selaku Direktur Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi juag memberikan apresiasi kepada 2 peserta yang memiliki minat untuk membuka account saham, dengan memeberikan modal investasi awal masing-masing peserta Rp 100.000,-. Acara ditutup dengan doa, kemudian dialanjutkan dengan pengambilan sertifikat oleh peserta dan sesi foto bersama.

(Penulis: Rafica Amrys – 10 Januari 2017)