Fakultas Ekonomi UST - Profil

Profil Fakultas Ekonomi UST

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) berdiri tahun 1955 dan sekarang menjadi salah satu universitas swasta terkemuka dan masih eksis dan dinamis di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Disisi lain UST juga mempunyai reputasi yang baik dalam mengemban misi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program-program yang ada didesain dengan cermat untuk menjadikan UST sebagai benar-benar Universitas yaitu sebagai institusi pendidikan tinggi yang mempunyai komitmen dalam pengembangan Tri Darma PerguruanTinggi dan mengembangkan ajaran Kemandirian, Kemerdekaan dan Kebangsaan sesuai cita-cita pendiri UST yaitu Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

Sejak berdiri UST terus menerus melakukan konsolidasi sehingga sekarang sudah menempati 3 lokasi kampus yaitu Kampus 1 Pusat Kebangsaan Jalan Kusumanegara 157 Yogyakarta, Kampus 2 Jalan Kusumanegara 121 Yogyakarta dan Kampus 3 Jalan Tuntungan Yogyakarta. Kampus I digunakan sebagai Kantor Rektorat , Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi, serta dijadikan pusat Bari seluruh aktivitas. Kampus 2 Jalan Kusumanegara 121 sebagai Kantor BAAK, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Magister Manajemen UST. Kampus 3 untuk FKIP, Kantor Pusat Perpustakaan, LP3M dan UKM Tingkat Universitas. Semua ini menjamin suasana akademik yang sangat kondusif. Mahasiswa menjadi lebih nyaman dan lebih betah berlama-lama di kampus untuk melakukan aktivitas akademik yang cukup padat tak kenal henti.

Bermula dari lingkup kampus yang sederhana di Jl.Kusuma Negara 121 Yogyakarta, Fakultas Ekonomi UST dengan sebuah Program Studi S1 Manajemen Perusahaan mulai menjalankan aktifitas akademik ditahun 1979. Pada tahun 1981 fakultas Ekonomi memperoleh status terdaftar untuk Program Studi Manajemen Perusahaan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan No.029/0/1981, dibawah Koordinasi Kopertis Wilayah IV (sekarang Wilayah V) Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah 29 tahun berkiprah di dunia pendidikan, Fakultas Ekonomi memantapkan diri dengan mendirikan program studi baru Akuntansi Diploma III di tahun 2000 dan Program Pascasarjana Magister Manajemen di tahun 2003. tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk dapat menapak perkembangan fakultas, selama ini selalu bergumul di jalan yang tidak pernah mulus. Berbagai halangan maupun permasalahan bahkan tantangan sedikit demi sedikit dapat diatasi berkat komitmen civitas akademika yang selalu berjuang tanpa henti. Akhirnya Fakultas Ekonomi boleh sedikit berbangga dengan pembangunan lokasi maupun perkembangan akademik di lingkungan fakultas. Fakultas semakin menjaga mutu lulusan melalui perbaikan kurikulum secarakonsisten, membuat ikon mata kuliah sebagai kekuatan menuju fakultas yang lebih kompetitif, menghasilkan mahasiswa kompeten dan yang selalu melakukan inovasi kerjasama di bidang sumberdaya manusia dengan perusahaan lokal maupun multinasional agar lulusan semakin baik sena cepat terserap di dunia kerja.

Menjaga mutu lulusan, kepuasan stakeholder terhadap lulusan dan semakin kecilnya waktu tunggu lulusan diserap oleh dunia kerja menjadikan Fakultas Ekonomi mendapat perhatian dari stakeholder. Untuk menyukseskan ketiga hal tersebut fakultas perlu kerja keras dan kerja smart dengan tidak kenal henti sebagai modal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Memasuki tahun ke-30 yang merupakan tahun yang cukup strategis, kami mengundang lulusan SMA, SMK, MA baik negeri maupun swasta untuk bergabung di Fakultas Ekonomi UST. Akhirnya saya sampaikan sekali lagi bahwa Fakutlas Ekonomi UST tetap konsisten membangun wacana keilmuan dan wawasan kebangsaan sebagai komitmen tinggi dalam mengembangkan kemampuan intelektual dan personal mahasiswa sehingga dapat mencetak lulusan yang profesional, dan sanggup bersaing di dunia kerja bahkan dapat menciptakan kerja.