Fakultas Ekonomi UST - Berita | Kenalkan Dunia Bisnis, UST Ikuti Olimpiade Manajemen Nasional di Malang

Kenalkan Dunia Bisnis, UST Ikuti Olimpiade Manajemen Nasional di Malang

2017-10-16 11:35:31

    Untuk menjadi seorang pebisnis muda, perlu adanya pengenalan dunia bisnis sejak dini. Selain itu perlu juga adanya pelatihan untuk mengasah ketrampilan dalam berbisnis. Khususnya bisnis dalam perusahaan, sebuah universitas di Kota Malang menyelenggarakan sebuah kompetisi yang salah satunya dapat mengasah ketrampilan dalam berbisnis. Kompetisi tersebut adalah Olimpiade Manajemen Nasional (OMN) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ), Fakultas Ekonomi, Manajemen Universitas Negeri Malang.

      Kompetisi yang diselenggarakan setiap tahunnya ini dapat diikuti oleh mahasiwa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kompetisi tahun ini bertemakan “Young Planner Become Young Entrepreneur” bersifat studi kasus, di mana kasus tersebut disediakan oleh panitia. Kasus yang diberikan pun merupakan sebuah kasus yang dialami oleh suatu perusahaan.

    Dirasa sayang untuk dilewatkan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengikutsertakan empat kelompok di ajang tersebut. Empat kelompok tersebut terdiri atas 12 mahasiswa Program Studi (prodi) Manajemen dari berbagai tingkatan semester, yang terbagi menjadi empat kelompok. Semangat para mahasiswa tersebut cukup tergambarkan dari proses mereka mengerjakan studi kasus yang dikirimkan oleh panitia. Dalam kurun waktu 15 hari setelah kasus dikirim, studi kasus tersebut sudah harus dikirimkan ke panitia dalam bentuk proposal bisnis.

     Proses pengerjaan proposal bisnis ini dibimbing oleh dosen Fakultas Ekonomi UST. Serta dibantu oleh empat mahasiswa prodi manajemen yaitu Nala Tri Kusuma, Ayu Laksita Widaresti, Reni Septiana, dan Ekna Yusuf Pradhana. Setelah proposal bisnis dikirimkan, selanjutnya adalah proses seleksi yang memakan waktu delapan hari. Kemudian pada 15 Oktober 2017 inilah, hari yang ditunggu-tunggu oleh para peserta OMN, yaitu pengumuman hasil seleksi.

    Bagi 15 peserta yang lolos nantinya akan mengikuti serangkaian acara di  Universitas Negeri Malang (UNM). Salah satunya adalah debat terkait studi kasus tersebut. Selain menjadi ajang kompetisi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, kompetisi ini bertujuan menumbuhkan kemampuan serta memperluas wawasan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dan melatih mentalitas mahasiswa dalam menghadapi tantangan pada dunia nyata khususnya untuk menjadi seorang pebisnis. (Penulis: Lucya Friska_13 Oktober 2017)