Fakultas Ekonomi UST - Berita | Workshop “Mengembangkan Riset Kreatif dan Berbobot”

Workshop “Mengembangkan Riset Kreatif dan Berbobot”

2017-11-02 08:37:45

Pada tanggal 31 November 2017, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta menyelenggarakan Workshop dengan tema “Mengembangkan Riset Kreatif dan Berbobot” dengan menghadirkan narasumber Dr. Dedhy Sulistiawan, SE, M.Sc. Ak., CA, Dosen dari Universitas Surabaya (UBAYA). Tujuan dari diselenggarakannya Workshop ini ada untuk menambah wawasan para dosen di FE UST untuk membimbing mahasiswa di dalam menyusun skripsi dan untuk membuat karya ilmiah yang lebih kreatif dan berbobot guna memenuhi catur dharma.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Dedhy menyampaikan bahwa skripsi ataupun penelitian dapat diselaraskan dengan kebutuhan universitas, sehingga hasil penelitian yang dilakukan dapat menjadi masukan bagi universitas agar menjadi lebih baik lagi. Dalam melakukan penelitian, isu-isu yang sederhana juga dapat dikemas menjadi sebuah penelitian yang menarik dan mempunyai nilai mutu, bahkan metode pembelajaran di kelas pun dapat menjadi topik yang menarik jika dikemas dengan benar. Narasumber menyampaikan bahwa kreativitas diperlukan dalam mengembangkan dan mencari ide-ide penelitian, seorang peneliti ada baiknya melakukan mapping terhadap rencana penelitian, sehingga dapat menemukan celah-celah untuk melakukan penelitian berikutnya.

Narasumber memberikan definisi tentang penelitian berbobot adalah penelitian yang mempunyai nilai mutu dan orisinalitas, baik secara konteks, konsep, dan metodologi. Seorang peneliti harus mempunyai pemikiran yang terbuka dalam menerima kritik dan saran terhadap hasil karyanya. Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen di FE UST, yaitu dosen Program Studi Akuntansi, dosen Program Studi Manajemen, dan dosen Magister Manajemen.