Fakultas Ekonomi UST - Berita | OLIMPIADE AKUNTANSI 2017 “PIALA GUBERNUR DIY”

OLIMPIADE AKUNTANSI 2017 “PIALA GUBERNUR DIY”

2017-11-13 20:03:41

Mengasah Potensi Generasi Muda menjadi Akuntan yang Berintegritas, Jujur, Cerdas dan Berkarakter sesuai Ajaran Tamansiswa merupakan tema yang diusung dalam acara Olimpiade Akuntansi 2017 oleh Program Studi Akuntansi FE-UST (Sabtu, 11 November 2017). Olimpiade akuntansi ini merupakan acara tahunan yang diadakan Kaprodi Akuntansi bersama Ikatan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (IMPSA) sebagai pelaksana lapangan kegiatan tersebut. Berbeda dari olimpiade tahun sebelumnya setingkat DIY, kali ini olimpiade tidak hanya melibatkan siswa/siswi tingkat DIY saja namun juga melibatkan luar DIY yaitu se-Jawa Tengah. Perluasan tingkat olimpiade kali ini sebagai bentuk peningkatan acara olimpiade dari periode-periode sebelumnya. Diharapkan tidak hanya seputar DIY yang dapat ikut andil dalam perebutan piala Gubernur DIY melainkan siswa/siswi luar DIY dapat ikut berkompetisi dalam olimpiade tersebut.  Kegiatan  Olimpiade Akuntansi 2017 diketuai oleh ibu Teguh Erawati, S., M.Sc., Ak dan Hidayaturrahman sebagai ketua pelaksana kegiatan.0

Antusias peserta dapat dilihat sejak pukul 06.30 WIB yang telah memenuhi meja registrasi ulang dan penerimaan co-card peserta olimpiade bersama dengan pendamping guru masing-masing peserta. Acara yang dimulai dengan sambutan oleh Ketua panitia Hidayaturahman, Kaprodi Akuntansi Ibu Sri Ayem, SE., M.Sc., Ak., CA,. Dekan FE-UST Bapak Suyanto, SE., M.Si,. serta dibuka oleh Rektor UST Bapak Drs. H. Pardimin, M.Pd, Ph.D. Acara dilanjutkan dengan persembahan tarian daerah NTT oleh mahasiswa ini sangat menghibur sebelum akhirnya siswa/siswi melanjutkan untuk memasuki ruang perlombaan.

Selama perlombaan berlangsung guru pendamping mengikuti workshop yang telah disediakan oleh panitia dengan tema “Pengisian SPT PPH WP Orang Pribadi”. Workshop tersebut merupakan kerja sama antara Prodi Akuntasi Fakultas Ekonomi UST dengan kantor Konsultan pajak Waskita & Partner. Perlombaan yang berlangsung selama satu jam, peserta dan guru pendamping kembali berkumpul di ruang konvensi Nyi Hadjar Dewantara untuk ishoma sembari menunggu hasil lomba, dengan adanya hiburan seperti band, drama musikal dengan tema “Lutung Kesandung” dari panitia, serta games seru untuk siswa/siswi sebagai cooling down setelah serius mengerjakan soal perlombaan selama satu jam.

Keseruan tersebut berlangsung dengan membuahkan hasil perlombaan yang dibacakan oleh Ketua dewan juri Olimpiade Ibu Dewi Kusuma Wardhani, SE., S.Psi., M.,Sc., Ak sebagai juara olimpiade tahun ini direbut oleh SMK Negeri Nglipar sebagai juara 3, SMK Negeri 1 Bantul sebagai juara 2, dan SMK Negeri 1 Nglipar sebagai juara 1 serta juara umum tahun ini direbut oleh SMK N 1 Nglipar, Gunugkidul, DIY. Keberhasilan terselenggaranya acara ini tidak hanya dirasakan oleh panitia namun juga elemen Program Studi, Fakultas, serta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan dapat memberikan wadah kepada siswa/siswi tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat untuk mengasah kemampuannya dalam kompetisi akuntansi. “Kegagalan tidak menjadi satu alasan untuk tetap berdiam diri, melainkan menjadi tolak ukur untuk pembelajaran di hari yang akan datang untuk perubahan yang positif” merupakan tekle motivasi dari panitia penyelenggara untuk siswa/siswi yang telah mengikuti olimpiade sebagai ucapan terima kasih atas partisipasinya dalam kemeriahan olimpiade akuntansi 2017.

Tidak lupa kami segenap panitia mengucapkan banyak terimaksih kepada pihak-pihak yang telah bersedia untuk berkerja sama dengan kami. Terimakasih kepada Bapak Drs. H. Pardimin, M.Pd, Ph.D. yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka acara Olimpiade Akuntansi 2017. Terimaksih kepada kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Walikota Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Jawa Tengah yang telah memberikan izin atas kegiatan kami. Terimakasih juga kami ucapkan kepada Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama (BHMK) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Biro Promosi dan Pemasaran (BPP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, bank BNI (Bank Negara Indonesia), Lembaga Sertifikasi Usaha Adi Karya Wisata (AKW) , Waskita & partner, Pamela Supermarket, Mangrove Printing, PT.Yogya Presisi Tehnikatama Industri, Kayana, Serba Sambal (SS) yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan kami.