Fakultas Ekonomi UST - Berita | Sekolah Pasar Modal Level 1

Sekolah Pasar Modal Level 1

2017-12-23 07:52:37

Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (KSPM UST) bekerjasama dengan First Asia Capital mengadakan acara Sekolah Pasar Modal dengan tema “Sekolah Pasar Modal Level 1 : Invest Your Money to Something Thais Contribute to Your Growth : Be Aware for Future” pada Senin, 11 Desember 2017 bertempat di Ruang Ki Hadjar Dewantara kampus Pusat UST. Kegiatan Sekolah Pasar Modal Level 1 (SPM Level 1) ini diawali dengan registrasi peserta yang dimulai pukul 08.00 WIB. Acara diawali pembukaan dengan doa dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars UST. Secara resmi acara dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi UST Yogyakarta. Turut hadir dalam Sekolah Pasar Modal Level 1 ini yaitu Kaprodi Akuntansi Ibu Sri Ayem, M.Sc., Ak., CA., Kaprodi Manajemen Ibu Dra. Jajuk Herawati, M.M., Sekprodi Akuntansi Ibu Teguh Erawati, SE., M.Sc., Ak., Sekprodi Manajemen Ibu Nonik Kusuma Ningrum., S.E., M.Sc., dan beberapa dosen Pembina Kelompok Studi Pasar Modal UST (KSPM UST).


Memasuki acara inti, materi pertama disampaikan oleh Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Pewakilan Yogyakarta yaitu Bapak Irfan Noor Risa. Beliau menyampaikan beberapa materi mengenai pasar modal dasar sekaligus memberikan motivasi kepada peserta SPM. Pentingnya pasar modal menjadi hal utama yang disampaikan beliau. Acara dilanjutkan adalah penyampaian materi oleh Tim Edukasi FAC Sekuritas Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta yaitu Bpk. Idunk Ace Pradana, S.E., C.E.S. Beliau menyampaikan materi mengenai pengantar teknikal analisis dan fundamental analisis sekaligus menyampaikan motivasi dan pengalaman beliau dalam pasar modal.Menjelan akhir acara inti, sesi tanya jawab mendapat antusias peserta dimana banyak peserta yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh pembicara.Interaksi antara pembicara dan peserta SPM cukup terbentuk dalam sesi Tanya ini dan antusias peserta cukup baik. Acara inti diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada pembicara oleh Wakil Dekan 1 dilanjutkan dengan pembagian door prize berupa top up bagi pemenangnya. Acara dilanjutkan dengan game Kahoot yang di pandu oleh panitia. Game ini bertujuan untuk melatih kecepatan peserta dalam berfikir cepat, tepat dan akurat sekaligus diharapkan membantu peserta dalam mereview materi mengenai yang telah disampaikan oleh pembicara karena pertanyaan yang diajukan adalah seputar pasar modal. Sesi game ditutup dengan pemberian door prize top up bagi 5 peserta peraih skor tertinggi.


Akhir acara pun ditutup dengan doa. Alhamdulillah acara SPM Level 1 berjalan dengan lancar. Acara Sekolah Pasar Modal Level 1 ini diharapkan mampu menambah pengetahuan peserta SPM pada umumnya mengenai pasar modal sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai investasi yang aman di pasar modal dan kesadaran mempersiapkan masa depan melalui investasi, diharapkan menjadi penggerak untuk mendukung perekonomian Indonesia.