Fakultas Ekonomi UST - Berita | SEMINAR AKADEMIK “ACCOUNTING & DISRUPTIVE TECHNOLOGY”

SEMINAR AKADEMIK “ACCOUNTING & DISRUPTIVE TECHNOLOGY”

2019-03-30 09:00:00

...

Program Studi Akuntansi telah sukses menyelenggarakan Seminar Akademik dengan tema “Accounting & Disruptive Technology”. Seminar Akademik ini diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi di Hotel Cavinton Yogyakarta. Seminar Akademik dihadiri oleh peserta sebanyak 213 peserta dari Prodi Akuntansi FE-UST Angkatan 2016 dan sebagian dari Universitas lain di Yogyakarta. Acara Seminar Akademik ini dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Bapak Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. sekaligus membuka Acara Seminar Akademik.

Seminar Akademik ini, Berisi Tentang Peran Mahasiswa Akuntansi Dalam menghadapi Disruptive Technology dengan mendatangkan 2 Pemateri. Pemateri 1 adalah Dosen Tetap FEB UGM Yogyakarta sejak 1985-sekarang Bapak Prof. Jogiyanto Hartono, MBA., Ph.D dan Pemateri 2 adalah Senior Lecturer Universitas Atma Jaya Yogyakarta Bapak Samiaji Sarosa, SE., MIS., Ph.D. dengan moderator dari Dosen Tetap Akuntansi Ibu Dr. Dewi Kusuma Wardani, SE., S.Psi., M.Sc., Ak., CA., CRM., BKP., ACPA.

Disruptive Technology adalah teknologi baru yang muncul secara tak terduga menggantikan yang sudah ada. Bapak Prof. Jogiyanto Hartono, MBA., Ph.D menyampaikan bahwa menurut laporan yang diterbitkan oleh McKinsey Global Institute, ada 12 teknologi mengganggu yang dapat menghasilkan gangguan besar dalam waktu dekat karena dapat mengubah ekonomi dan kehidupan kita. Teknologi itu antara lain: internet seluler, robot tingkat lanjut, penyimpanan energi, percetakan 3 dimensi, bahan canggih, energi terbaru, dan sebagainya. Dengan adanya teknologi baru yang muncul ini dapat menggantikan tenaga makhluk hidup. Dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap peran yang diambil alih oleh teknologi yaitu: audit, kepatuhan terhadap peraturan, manajemen resiko, analisis tren, dan teknologi keuangan. Mahasiswa akuntansi dituntut untuk bisa adaptasi dan reorientasi terhadap teknologi karena profesi akuntansi terancam digantikan teknologi mesin. Dalam seminar ini Bapak Samiaji Sarosa, SE., MIS., Ph.D. menyampaikan Peran Akuntan dalam menghadapi Disruptive Teknologi yaitu berpikir dan bertindak analitis untuk mencapai tujuan perusahaan jangka panjang, menangani infrastruktur keuangan yang kompleks, menangani kompleksitas perpajakan, dll sehingga kualitasnya dapat diandalkan.

Dengan adanya Seminar Akademik ini diharapkan mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi UST dapat meningkatkan peran serta keaktifannya dalam perkembangan teknologi dengan baik, agar tidak tergantikan oleh kecanggihan teknologi.