DAMPAK COVID-19 BAGI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI FAKULTAS EKONOMI

DAMPAK COVID-19 BAGI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI FAKULTAS EKONOMI

2020-04-07 20:10:38

...

Berdasarkan rapat pimpinan di lingkungan Fakultas Ekonomi UST pada tanggal 16 Maret 2020, Pengelola Fakultas Ekonomi UST menetapkan proses pembelajaran tatap muka ditiadakan namun tetap berjalan dalam bentuk online. Segala bentuk perkuliahan lapangan/magang/kunjungan industri juga ditunda. Bimbingan Skripsi, ujian pendadaran, dan akademik dilayani secara online. Lebih lanjut pada tanggal 23 Maret 2020, segala aktivitas pekerjaan di lingkup Fakultas Ekonomi dilakukan secara mandiri dan online dirumah/tempat masing-masing (Work From Home).

Merespons kondisi terkini di Fakultas usai pemberlakuan kebijakan tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi Suyanto, S.E., M.Si, langsung menggelar rapat koordinasi kepada seluruh dosen dan karyawan pada hari Jumat (27/3/2020) melalui Plattform Webex Meet yang dihadiri kurang lebih 40 anggota rapat. Turut serta dalam rapat tersebut Ketua Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Magister Manajemen beserta sekretaris Program Studi, juga seluruh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi. Lebih lanjut, rapat koordinasi lingkup program studi juga dilaksanakan secara proaktif melalui daring.

 

 

Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS), Dekan Fakultas Ekonomi UST memberi instruksi kepada Gugus Mutu Prodi, panitia ujian dan dosen pengampu untuk melakukan koordinasi. Sebelum pelaksanaan UTS, panitia membuat aplikasi khusus terkait dengan presensi kuliah yang wajib diisi oleh masing-masing dosen dan di upload sebelum UTS dimulai. Masa Ujian Tengah Semester ini dilaksanakan dari tanggal 06 - 18 April 2020 secara online. Batas waktu pengunggahan nilai UTS adalah maksimal satu pekan setelah pelaksanaan UTS berakhir. Dalam masa ini setiap dosen dianjurkan untuk selalu memantau mahasiswa yang diampu baik melalui WA Grup, Portal, dan plattform lainnya. Dalam situasi yang tidak terduga ini, secara tidak langsung berdampak positif pada skill masing-masing dosen dalam penggunaan teknologi secara online. Terdapat hal positif dari sesuatu yang tidak biasa tersebut, yaitu semakin mematangkan kompetensi tiap dosen untuk siap menanggapi era revolusi industri 4.0 dalam hal penggunaan teknologi informasi berbasis online secara proaktif.

Dalam situasi Work From Home seperti ini ternyata tidak mematahkan semangat para dosen untuk menulis riset dan pengabdian masyarakat. Dalam whatsapp group pun tak jarang para pimpinan dan dosen senior menyemangati dosen muda lainnya untuk semangat berkarya ditengah keterpurukan pandemi global covid-19 ini. Motivasi dan semangat ini selalu terbangun dengan indah sekalipun tidak bertatap muka. Keluarga besar Fakultas Ekonomi berkomitmen dan bersemangat untuk bisa melayani segala kegiatan akademik dengan baik sekalipun semua dilakukan secara online. Melalui situasi ini pimpinan di Fakultas Ekonomi tak henti-hentinya mengajak untuk selalu bersyukur, menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta berkarya bagi sesama. 

Yogyakarta, 07 April 2020 ditulis oleh Humas FE UST