PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA PEMUDA PRODUKTIF GUNUNGKIDUL

PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA PEMUDA PRODUKTIF GUNUNGKIDUL

2019-12-01 12:00:00

...

Tiga dosen dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yakni Agus Dwi Cahya, M.M., Putri Dwi Cahyani, M.E.I., dan Bernadetta Diansepti Maharani, M.M. mendapatkan kepercayaan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Gunungkidul untuk membekali 100 Pemuda Produktif Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 23-25 November 2019 bertempat di Kantor DISPORA Gunungkidul.

Beberapa Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yakni :

  1. Ide, Motivasi & Mengembangkan Usaha oleh Agus Dwi Cahya, M.M., dan Putri Dwi Cahyani, S.E., M.E.I., diharapkan dengan materi ini dapat meningkatkan minat dan memotivasi peserta dalam mengembangkan usaha. Selain itu, peserta dapat mengatasi kesulitan atau tantangan dalam menjalankan usaha.
  2. Digital Marketing dan Packaging yang disampaikan oleh Bernadetta Diansepti Maharani, S.E., M.M. dan Agus Dwi Cahya M.M. Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial. Diakhir sesi ini peserta Pelatihan diajak untuk praktik langsung penjualan online melalui aplikasi Facebook.
  3. Bijak Mengelola Keuangan & Kreatif Menciptakan Sinergi yang disampaikan oleh Agus Dwi Cahya M.M. & Putri Dwi Cahyani, S.E., M.E.I.. Pengelolaan keuangan ini menjadi salah satu kunci sukses wirausaha disamping juga untuk keperluan pencarian modal.
  4. Implementasi di lapangan dan kendalanya, mendukung materi ini dilakukan dengan kunjungan ke Kampung Lobster yang ada di pantai Sepanjang Gunungkidul. Ketiga pemateri yakni Agus Dwi Cahya M.M., Bernadetta Diansepti Maharani, S.E., M.M. & Putri Dwi Cahyani, S.E., M.E.I. berkolaborasi dengan pemilik Kampung Lobster bergantian memberikan materi dan memandu tanya jawab.

Diakhir pelatihan ini dibentuk kepengurusan Kelompok Pemuda Usaha Produktif (KUPP) Gunungkidul dan forum silaturahmi usaha melalui WA Group.