DOSEN PRODI MANAJEMEN FE UST MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT SECARA ONLINE

DOSEN PRODI MANAJEMEN FE UST MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT SECARA ONLINE

2020-04-22 09:37:25

...

Merebaknya Virus Covid-19 menjadi perhatian seluruh serius dari semua Pimpinan negara-negara didunia. Sampai pengabdian ini dilakukan, virus ini telah menyebar di hampir 200 lebih negara di seluruh dunia, dan telah memakan korban beribu – ribu orang baik yang positif terjangkit Covid-19 maupun yang meninggal dunia.

            Untuk mengatasi dan memutus matarantai penyebaran perlu ada kerja sama dan aksi nyata dan bersama dari seluruh komponen masyarakat., dengan memberikan bantuan pemikiran dan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan dan lain-lain. Wabah Covid-19 ternyata tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan, tapi berpengaruh terhadap sektor ekonomi, pariwisata, sosial, pendidikan, perhubungan, seni budaya, yang diikuti dengan melemahnya kegiatan eknomi, yang direspon sangat negatif oleh para pengusaha, karena tidak sanggup lagi membayar mereka, sehingga terjadi PHK dan dirumahkannya beribu karyawan, yang berdampak bertamabahnya pengangguran dan tindak kreminal yang makin meningkat dimana-mana.

            Pembatasan jarak sosial dan jarak fisik telah dilakukan dimana-mana dan meluas, sehingga ruang gerak masyarakat dibatasi dan dikendalikan, padahal banyak pihak harus mencari nafkah untuk menjaga kelangsungan hidup diri sendiri dan keluarga. Dengan melihat kondisi ini, dosen Prodi Manajemen FE UST yaitu Dr. Sri Hermuningsih, M.M dan Drs.Mujino, M.M, tertarik melakukan pengabdian masyarakat dengan topik “ Meningkatkan Produktivitas Dalam Menghadapi Wabah Corona dan Meningkatkan Ekonomi Terhadap Penyedia Empon-empon Dalam Menghadapi Wabah Corona di Wilayah Sendang, Sendangtirto, Berbah”. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 15 dan 16 April 2020, pukul 12.30 – 14.30WIB.

Bentuk Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini antara lain: penyuluhan secara online dan disiarkan dari Masjid Ar-Rochman, pemberian makalah (softcopy) disampaikan melalui group WA PKK, Organisasi Muhamaddiyah, Sendangtirto Tengan, Bantuan Masker Untuk Warga 160 buah dan Handsanitizer 60 botol. Dr. Sri Hermuningsih, MM dan Drs. Mujino, MM bekerjasama dengan Keluarga Cemara, LP3M UST Yogyakarta, Ardi Sahami, S.Ag.M.Par.,M.M (anggota DPRD Sleman), Warga PKK, Takmir Masjid dan Warga RW.14 Wilayah Sendang, Sendangtirto, Berbah.

Yogyakarta, 21 April 2020
ditulis oleh Drs. Mujino, MM, dan disunting oleh Humas FE UST