“NARIMO ING PANDUM” MENJADI TOPIK MENARIK UJIAN DISERTASI DOKTOR BARU DI PRODI MANAJEMEN FE UST

“NARIMO ING PANDUM” MENJADI TOPIK MENARIK UJIAN DISERTASI DOKTOR BARU DI PRODI MANAJEMEN FE UST

2020-08-04 10:27:19

“NARIMO ING PANDUM” MENJADI TOPIK MENARIK UJIAN DISERTASI DOKTOR BARU DI PRODI MANAJEMEN FE UST


Disertasi dengan Judul “PERAN PEMODERASIAN NARIMA ING PANDUM PADA HUBUNGAN KETIDAKADILAN DISTRIBUTIF DAN KETIDAKADILAN PROSEDURAL DENGAN KOMITMEN AFEKTIF” oleh Dra. Prayekti, M.Si. Sidang doktoral yang dilaksanakan pada hari Jumat, Tanggal 24 Juli 2020 di Ruang Aula Utara Lt.3F FEB UII dihadapan para Tim Promotor yaitu Prof. Dr.Heru Kurnianto Tjahjono, Dr. Wisnu Prajogo, MBA, serta Prof. Muafi, SE. M.Si ini berjalan dengan baik dan sukses. Tampak hadir dari rekan sejawat dari FE UST yang memberi dukungan dan doa restu bagi perjuangan ibu Dra. Prakyekti, M.Si hingga secara resmi dinyatakan lulus sidang Disertasi dan memperoleh gelar Doktor dalam bidang ilmu Ekonomi.


Topik dan Judul yang dipilih ini sangat menarik. Mengusung tema “Narima Ing Pandum” menjadi motivasi tersendiri bagi ibu Dr. Dra. Prakyekti, M.Si karena ingin mengangkat “ke-khasan nilai-nilai pada masyarakat jawa, serta di korelasikan dengan implementasi semboyan-semboyan di Perguruan Tamansiswa. Selain itu alasan dipilihnya judul ini adalah pada perguruan Tamansiswa, yang memiliki sifat narima ing pandum, terjadinya persepsi ketidakadilan (distributif dan prosedural) akan memberikan penguatan pada komitmen afektif.

Manfaat penelitian oleh Dr. Dra. Prakyekti, M.Si adalah memberikan kajian tentang peran moderasi narimo ing pandum antara ketidakadilan organisasional dengan komitmen afektif akan memperkaya teori-teori tentang keadilan organisasional dan perannya terhadap outcome. Pesan yang ingin disampaikan dari hasil penelitian ini adalah narima ing pandum merupakan satu konsep yang positif yang dicerminkan melalui sikap yang tenang, tidak gegabah, dan menerima apapun yang terjadi dalam hidup sehingga mampu memunculkan sikap positif lainnya (misal berupa rasa toleransi).

Proficiat Dr. Dra. Prakyekti, M.Si!
Sukses terus Fakultas Ekonomi UST


Ditulis oleh HUMAS FE UST