PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA MAHASISWA DI WILAYAH GILANG, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM MASA WABAH VIRUS COVID-19

PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA MAHASISWA DI WILAYAH GILANG, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM MASA WABAH VIRUS COVID-19

2020-10-07 08:29:03

PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA MAHASISWA DI WILAYAH GILANG, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM MASA WABAH VIRUS COVID-19

Sampai saat ini wabah wirus Covid-19 hampir 6 bulan merebak di Indonesia belum juga ada tanda-tanda mereda. Melihat Kondisi yang ada, DKI memperlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar lagi mulai 14 September 2020. Bahkan Jakarta menjadi index terbesar Penderita / orang yang terkonfirmasi Positp Covid-19, dikuti Propinsi lain Jatim rangking 2, Jawa Tengah dan Jabar.

            Ini menjadi keprihatinan bagi seluruh manusia didunia dan pimpinan negara, karena begitu ganas dan massive dalam decade yang sangat singkat. Darurat kesehatan dinyatakan oleh pemerintah Indonesia, bahkan Presiden Joko Widodo mengumumkan sebagai bencana Nasional. Disatu sisi kita semua diwajibkan menjaga kesehatan dengan tetap bertidak dan berperilaku disiplin dalam mengikuti Protkol Kesehatan seperti: Menggunakan masker, Cuci tangan dengan sabun, Menjaga Lingkungan, Olah raga, menjaga jarak sosial dan fisik, serta menghindari kerumunan yang tidak perlu, terakhir selalu berdoa mudah-mudahan Wabah Covid-19 sgera hilang.

            Disisi lain kita harus bisa tetap bertahan hidup dengan melakukan aktivitas ekonomi dan meningkatkan Produktivitas dari rumah masing-masing. Itulah tugas kita semua, mencari solusi agar semuanya bisa berjalan, dengan tetap menjaga kesehatan kita dan masyarakat banyak. Dalam kesempatan ini Ibu Dr.Sri Hermuningsih mengingatkan agar menganggarkan keungan yang tepat, mengurangi pemborosan dan meniadakan pembelian dan konsumsi yang tidak penting.

Dr.Prayekti,M.Si  mengingatkan agar dapat melakukan dfersifikasi usaha yang mempunyai nilai tambah dan inovatif dalam berusaha. Produktivitas dan peningkatan ekonomi usaha kecil dan menengah perlu dibangkitkan dan dipelihara dengan cara saling membantu, mau menggunakan jasa dan barang yang dijual, serta kreaktif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis, karena UMKM merupakan penyangga ekonomi nasional, menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, serta mandiri dan tahan banting dalam menghadapi berbagai krisis.Argumnentasi ini disamapaikan Drs.Mujino,MM dalam Pengabmas beserta mahasiswa KKN Padepokan 22. Di Gilang, Baturetno, Banguntapan Bantul, Minggu, 06 September 2020 pada pukul 19.00 – 20.30 Wib. Dalam acara pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri kurang lebih 60 peserta secara online.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut didasarkan pada beberapa poin penting sebagai berikut: Catur Dharma UST Khususnya Dharma Ke3, Surat Tugas LP3M UST No.90/UST/LP3M/T/VIII/2020, Permohonan dari mahasiswa no.02/KKN/UST/08/2020, serta Panggilan rasa kemanusiaan dan kepedulian para dosen di Program Studi Manajemen FE UST ini. Bentuk pengabdian kepada masyarakat ini antara lain Penyuluhan secara on line yang disiarkan dengan MEDIA ZOOM, Makalah yang disampaikan melalui group WA PKK, Organisasi Pemuda, Makalah yang dibagikan dalam Bentuk Hard Copy, serta pemberian bantuan Benih Kangkung.

 

Ditulis oleh Pelaku Pengabdian kepada Masyarakat

Disunting oleh HUMAS FE UST