KSPM UST GELAR EVENT VIRTUAL

KSPM UST GELAR EVENT VIRTUAL

2020-12-14 12:50:08

...

Pandemi tidak menghalangi Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menyelenggarakan event virtual yaitu Festival KSPM UST 2020 dengan tema “From Zero To Hero To Be Investar”. Festival dilaksanakan sepanjang bulan Oktober hingga Desember 2020. Acara ini digagas untuk membangun kembali semangat berinvestasi dan sebagai upaya memunculkan wajah-wajah investor muda yang berkualitas dengan mengedukasi pentingnya berinvestasi sejak dini.

Tema tersebut diambil dengan tujuan agar para investor pemula terutama generasi muda berani dan tertarik bergabung menjadi investor muda yang berkualitas meski dengan modal kecil. Penyelenggaraan acara ini sekaligus sebagai wadah untuk mengedukasi mahasiswa dan masayarakat terkait KSPM maupun pasar modal. Harapan acara tersebut adalah untuk mendukung motivasi masyarakat umum untuk berani berinvestasi mulai dari zero investart, dan mendapatkan tips menjadi investars yang impactful di pasar modal, walaupun di tengah pandemi. Tak lupa, kegiatan ini juga diiringi dengan penerapan protokol kesehatan agar semua panitia dan seluruh peserta tetap dalam keadaan sehat.

Penyelenggaraan Event Virtual KSPM UST terdiri dari dua rangkaian acara. Acara yang pertama Video Competition yang diadakan bulan Oktober hingga November 2020 dengan tema “Melek Investasi Generasi Muda Indonesia” dan Puncak acara berupa Talkshow Nasional Virtual yang diadakan pada tanggal 5 Desember 2020 dengan tema “From Zero To Hero To Be Investar”.

            Acara video kompetisi dimulai pada 19 Oktober 2020 dengan pembukaan pendaftaran peserta kompetisi dari seluruh Indonesia, penutupan pada 25 November 2020, dan pengumuman pemenang lomba pada 27 November 2020 melalui live Instagram @kspm_ust. Dari hasil penjurian, juara pertama dimenangkan oleh Muhamad Nur Abdul Aziz, Insan Trinawan Saputra dan Hasana Alfira Rahma dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, juara kedua dimenangkan oleh Arfan Wahyu Saputra dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, juara ketiga  dimenagkan oleh I Putu Tirta Adiguna, Putu Ayu Cahyani Mahamekti, Ni Putu Kesya Krista dan Bela Pangky Swara dari Universitas Hindu Indonesia. Total hadiah dari kompetisi ini adalah sebesar dua juta rupiah.

            Pada tanggal 5 Desember 2020 yang menjadi puncak pelaksanaan Event Virtual berupa Talkshow Nasional Virtual, acara diisi oleh narasumber yaitu Ellen May seorang investor sekaligus trader yang mendirikan Ellenmay Intitute, merupakan tempat pencetak para trader. Tak hanya Ellen May, acara juga diisi narasumber yaitu Wirda Mansur pemuda yang sukses di usia mudanya.

Diadakannya acara ini, KSPM UST berharap lebih banyak generasi muda yang tertarik untuk ikut membangun Pasar Modal Indonesia dengan bergabung sebagai investor muda yang cerdas. Acara ini dapat berlangsung dengan sukses berkat dukungan dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, supported by Dinas Pariwisata DIY, dan media partner yaitu Humas FE UST, BHMK UST, AKSI (Asosiasi KSPM/S Seluruh Indonesia), Event UST YK dan Seminar Hunters.