Pemberdayaan Kelompok PKK Srikandi dalam Peningkatan Motivasi Wirausaha melalui Pelatihan Pengolahan Limbah Sampah dan Pengolahan Minuman Herbal Warga Binaan Kelompok PKK Srikandi

Pemberdayaan Kelompok PKK Srikandi dalam Peningkatan Motivasi Wirausaha melalui Pelatihan Pengolahan Limbah Sampah dan Pengolahan Minuman Herbal Warga Binaan Kelompok PKK Srikandi

2021-03-19 18:57:53

Tim Pengabdi dari Program Studi Manajemen FE UST mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Dusun Klitak, Pakunden, Ngeluar, Kabupaten Magelang. Tim pengabdi tersebut terdiri dari Bapak Dika Prawita, S.Sos., M.M. sebagai ketua tim pengabdi dan terdiri dari 1 anggota dosen yaitu Bapak M. Ahyar SL, S.E., M.M. dan 1 anggota mahasiswa yaitu M. Hengki Setiawan, S.M. (Mahasiswa Magister Manajemen). Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 07 Maret 2021. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk membekali para Kelompok PKK Srikandi semangat berwirausaha, dalam pengembangan usaha desa wisata, dan memberikan strategi pemasaran dalam menciptakan peluang dan keunggulan kompetitif serta memiliki keahlian dalam pengolahan limbah sampah dan pengolahan minuman herbal.

Penyambutan dari pihak kelompok PKK Srikandi kepada pihak Tim PPM Prodi Manajemen sangatlah baik, bahkan kami disambut langsung oleh Ibu Nita selaku Ketua Pengurus PKK Srikandi Setelah acara penyambutan selesai, pihak kelompok Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Prodi manajemen mulai membuka kegiatan. Kegiatan PPM dibuka langsung oleh Bapak Dika Prawita, S.Sos., M.M. sebagai ketua tim pengabdi. Selanjutnya adalah Pemberian materi tentang motivasi wirausaha dalam pengembangan usaha desa wisata disampaikan oleh Bapak M. Ahyar SL, S.E., M.M. dan materi strategi pemasaran dalam menciptakan peluang dan keunggulan kompetitif disampaikan oleh Bapak Dika Prawita, S.Sos., M.M. Kolaborasi materi tersebut disampaikan kepada 25 peserta Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dari Dusun Klitak, Pakunden, Ngeluar, Kabupaten Magelang.

 

 

Selanjutnya peserta dibagikan satu set peralatan kerajinan yaitu Koran bekas, lem, dahan pohon benang, dan gunting. Kemudian tim pengabdi M. Hengki Setiawan, S.M. mengarahkan hal-hal yang harus dilakukan oleh para peserta yaitu yang pertama mulai dari menggunting pola pada kertas koran, kemudian menempelkan pola tersebut pada dahan pohon, lalu mengelemnya menggunakan kuas yang telah disediakan oleh panitia, selanjutnya mengeringkan hasil pola yang telah di lem tersebut. Apabila sudah kering, hal tersebut bisa diulangi kembali sebanyak 2-3 kali. Setelah itu peserta diajak untuk pembuatan minuman herbal bubuk berbahan dasar jahe, dimulai dengan para peserta mengupas kulit jahe kemudian  membersihkannya dengan air bersih kemudian memarut jahe menggunakan parutan kelapa, kemudian para peserta memeras jahe menggunakan kain yang tipis dan bersih. Selanjutnya para peserta memasukkan jahe ke wajan, diaduk sampai 30-45 menit sehingga jahe sudah mulai berubah menjadi serbuk.

Respon Kelompok PPK Srikandi terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat sangat positif. Mereka merasa bersemangat dan terhibur dengan materi yang disajikan. Hal ini terlihat dari masukan dan kesan yang mereka sampaikan setelah kegiatan selesai. Selain itu, mereka mulai memiliki ide untuk berwirausaha sekaligus juga memiliki bekal bagaimana memulai untuk berwirausaha dengan baik dan benar. Artinya, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen pengabdian Pada Masyarakat (PPM) prodi Manajemen FE UST Yogyakarta ini telah tercapai.

Ditulis oleh M. Ahyar SL, S.E., M.M

Disunting oleh Humas FE UST