W0RKSHOP KURIKULUM MBKM 02 Agustus 2021 Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi

W0RKSHOP KURIKULUM MBKM 02 Agustus 2021 Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi

2021-08-11 10:30:58

...

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa  untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program ini telah diluncurkan oleh Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu dalam rangka menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Baik perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin cepat di era Revolusi Industri 4.0, seperti yang tercantum dalam aturan mengenai Program MBKM dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18.

Pada aturan tersebut disebutkan bahwa mahasiswa program sarjana diperbolehkan untuk memilih pembelajaran maksimal 3 semester di luar program studinya. Lewat Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk 1 (satu) semester (setara dengan 20 SKS) menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tingginya.

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ( UST ) Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi, pada tahun 2021 ini mendapatkan hibah MBKM, yang sebelumnya sudah didahului oleh program studi Manajemen. Dirasa perlu untuk menyusun kembali kurikulum baru sesuai dengan tujuan MBKM. Untuk itu pada tanggal 02 Agustus 2021 diadakan Workshop Kurikulum MBKM. Acara ini bertujuan untuk mendapatkan masukan, ide- ide, maupun review terkait dengan kurikulum yang sudah disusun oleh program studi Akuntansi UST. Sehingga diharapkan kurikulum tersebut akan lebih sempurna, sesuai dengan tujuan dari program MBKM namun masih dalam koridor visi misi UST.

          Acara Workshop tersebut dihadiri baik dari dalam maupun dari luar UST. Selain itu para alumni dan juga pengguna alumni dihadirkan juga dalam acara ini. Dari UST dihadiri antara lain, Dekan Fakulatas Ekonomi, Bapak Suyanto., SE, M.Si., wakil Rektor UST, Bapak Dr. Imam Ghozali, M.Sc., Kaprodi Akuntansi UST, Ibu Sri Ayem SE, M.Sc., Ak., CA., ACPA., sebagai penyampai materi, Ibu Dr. Yuli Prihatni, M.Pd. (Kepala Penjaminan Mutu UST), selain itu juga hadir para dosen juga Ikatan Mahasiswa Program Studi Akuntansi UST.

          Dari luar UST, dihadiri Kaprodi Akuntansi UGM ibu Choirunnisa Arifa, SE, M.Sc., Ph.D, sebagai nara sumber. Bapak Dr. Hardo Basuki, M.Soc.Sc., CSA., Ak., CA., dan juga Bapak Prof. Dr. Baldric Siregar, MBA. CMA. Ak, CA. Hadir juga dalam acara ini Bapak/ Ibu Dosen Prodi Akuntansi STIE Mandala Jember sebagai undangan.

          Walaupun secara online, Workshop Kurikulum MBKM ini berjalan dengan lancar, dan sarat dengan ilmu yang baru. Bersama nara sumber yang mumpuni dan para ahli yang benar- benar memberikan review dan sekaligus pencerahan bagi UST terkusus Fakultas Ekonomi program studi Akuntasi yang baru saja mendapatkan hibah MBKM.

Harapannya, kurikulum yang sudah terbentuk, akan banyak diminati oleh mahasiswa, dan semakin memajukan UST terutama program studi Akuntnasi. Maju bersama UST.