Dewantara Audit and Tax Challenge 2022

Dewantara Audit and Tax Challenge 2022

2022-06-13 11:01:37

...

Pada tanggal 10 Juni 2022, Kelompok Studi Audit (KSA) dan Kelompok Studi Pajak (KSP) dari Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerjasama menyelenggarakan kegiatan webinar “Dewantara Audit and Tax Challenge” dengan tema “Langkah Audit untuk Auditor Junior”. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh 350 peserta.

Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian dari kegiatan lomba “Dewantara Audit and Tax Challenge 2022” yang mengusung tema pajak “Milenial Kreatif, Milenial Sadar Pajak” dan “Metamorfosis Menuju Auditor Milenial di Era Revolusi Industri 4.0” untuk tema audit. Lomba ini diikuti oleh 28 perguruan tinggi se-Indonesia dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 100 kelompok.

Kegiatan Webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Suyanto, S.E., M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi UST, Bapak Ignatius Soni Kurniawan, S.E, M. Sc. Selaku Wakil Dekan I, Bapak Risal Rinofah, S.E., M.Sc. selaku Wakil Dekan II, Bapak Eko Yulianto, S.T., M.B.A. selaku Wakil  Dekan III, Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Kepala Program Studi Akuntansi, Ibu Nur Anita Chandra Putry, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi, Kepala Program Studi Manajemen, Sekrtaris Program Studi Manajemen, serta seluruh Dosen Fakultas Ekonomi UST.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UST, Bapak Dr. Suyanto, S.E., M.Si. dan menghadirkan Ibu Dian Utami, S.E., M.Ak., CPA. selaku Partner dari KAP Dian Utami sebagai pembicara.

 

Dalam materinya, Ibu Dian Utami menyampaikan bahwa profesi auditor merupaka sebuah profesi yang tetap dapat berkembang dari abad ke abad dan telah mengalami pasang surut dalam mempertahankan eksistensinya. Beliau juga menyampaikan bahwa profesi ini semakin berkembang menjadi sebuah bisnis pencipta kepercayaan masyarakat dan dielu-elukan sebagai profesi yang menjanjikan. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi auditor harus memiliki 3 syarat berikut, yaitu memiliki keahlian dan pelatihan teknis yang cukup sebagai auditor, memiliki independensi dalam setiap mental, dan dapat menggunakan keahlian profesionalnya dengan cermat dan seksama sebagai seorang auditor. 

Pengumuman Pemenang Lomba DATC 2022

 

Pada akhir sesi acara, panitia mengumumkan pemenang lomba Dewantara Audit and Tax Challenge 2022. Pemenang tema audit dibacakan oleh  Ibu Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M.Sc., Ak., CRM., BKP., ACPA selaku Direktur IAPI Test Center Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan pemenang tema pajak dibacakan oleh Bapak Adia Adi Prabowo,  S.E., M.Acc., Ak., CPA. selaku Direktur Tax Center Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Juara 1 Lomba DATC 2022 tema pajak diraih oleh Atthariq Insan Tawakkal dari Politeknik Keuangan Negara STAN, Juara 2 diraih oleh Dina Oktaviani Putri dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Juara 3 diraih oleh Syifa Meidiana dari Universitas Tanjungpura. Sementara itu, untuk Juara 1 tema audit diraih oleh Taufikurrahman Ruslan dari Politeknik Keuangan Negara STAN, Juara 2 diraih oleh Lina Rahmawati dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan juara 3 diraih oleh Astriansyah Abdila dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

 

Ditulis oleh Pengurus IMPSA