KOLABORASI EPIC PRODI AKUNTANSI DAN BANK INDONESIA

KOLABORASI EPIC PRODI AKUNTANSI DAN BANK INDONESIA

2022-06-16 14:02:19

...


Dalam rangka meningkatkan nilai kerjasama antara Prodi AKuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (FE UST)  dan Bank Indonesia, serta sebagai upaya pencapaian Visi Misi, Program Studi Akuntansi menyelenggarakan Webinar Akademik yang pada Kamis 02 Juni 2022. Webinar akademik kali ini mengangkat tema “Peran Bank Indonesai dalam pemulihan ekonomi di masa pandemic Covid 19” yang dimulai tepat pukul 09.30 WIB. Mahasiswa sangat antusias mengikuti webinar kali ini dengan jumlah peserta yang mencapai 250 mahasiswa. Webinar ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I, Bapak Risal Rinofah, S.E., M.Sc. selaku Wakil Dekan II, Bapak Eko Yulianto, S.T., M.B.A. selaku Wakil  Dekan III, Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Ketua Program Studi Akuntansi, Ibu Nur Anita Chandra Putry, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi, Ketua Program Studi Manajemen, Sekrtaris Program Studi Manajemen, serta seluruh Dosen Fakultas Ekonomi UST. Kegiatan Webinar ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UST, Dr. Suyanto, S.E., M.Si. menghadirkan narasumber Bapak Tantan Heroika S. selaku Plt. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY.

 Dalam kesempatan tersebut, Bapak Tantan menyampaikan berbagai kondisi terkini perekonomian di Yogyakarta setelah masa pandemic covid 19 diantaranya terjadi penurunan penawaran  pada sektor Industri, konstruksi dan jasa pendidikan. Beberapa komoditas inti menunjukkan tren peningkatan inflasi setelah selama pandemi inflasinya relative rendah dan stabil. Penyebabnya antara lain relaksasi mobilitas serta dampak turunan dari kenaikan harga bahan baku. Berbagai tantangan Dalam pemulihan ekonomi dari domestic antara lain mendorong permintaan agregat di tengah konsolidasi fiscal, deselerasi pertumbuhan investasi, serta risiko perlambatan ekspor. Selain itu beliau juga menyampaikan upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia Pada 2022 dalam rangka pemulihan ekonomi DIY masih akan terus dilakukan dengan menempuh bauran kebijakan yang akomodatif guna mendorong momentum pertumbuhan dan mempertahankan stabilitas ekonomi. Arah kebijakan ditempuh sejalan dengan ruang yang dimiliki dengan mempertimbangkan stabilitas harga, stabilitas eksternal, dan stabilitas sistem keuangan.

 

Pada akhir sesi, Bapak Tantan memberikan pesan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam menunjang pertumbuhan perekonomian, antara lain dengan memberikan pelatihan/pendampingan kepada pelaku UMKM yang ada disekitar kita. Kegiatan diskusi ditutup dengan tanya jawab dengan peserta webinar dan pembagian doorprise kepada 3 penanya yang dipilih langsung oleh narasumber.

 

Disunting oleh Humas FE UST