Visiting Lecture “Growing Together” Secara Daring Prodi Akuntansi Bersama Dengan Universitas PGRI Yogyakarta

Visiting Lecture “Growing Together” Secara Daring Prodi Akuntansi Bersama Dengan Universitas PGRI Yogyakarta

2022-07-08 11:08:03

...

Visiting Lecture “Growing Together” Secara Daring Prodi Akuntansi Bersama Dengan Universitas PGRI Yogyakarta

 

Pada tanggal 14-15 Juni 2022, Prodi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) bekerjasama dengan Prodi Akuntansi Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menyelenggarakan Visiting Lecture (VL) dengan menghadirkan beberapa dosen dari Prodi Akuntansi UST sebagai narasumber antara lain adalah  Teguh Erawati SE., M.Sc., Ak., CA., ACPA.; Adia Adi Prabowo SE., M.Acc., Ak., CA., CPA.; Uum Helmina Ch., SE., M.Si., Ak., CA., Umi Wahidah SE., M.Ak.,; Eko Yulianto S.T., M.B.A.; dan Nur Anita Chandra Putry SE., M.Si., Ak., CA. VL merupakan program inisiatif dan tindak lanjut dari kesepatan antar Perguruan Tinggi.

Mengangkat Tema “Keuangan Perbankan”, kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa yang berasal dari Prodi Akuntansi UPY dan diadakan beberapa sesi menggunakan media zoom meeting. Tema ini diangkat dengan pesatnya perkembangan di industri perbankan sehingga mahasiswa perlu mendalami pemahaman dari prespektif teori dan praktik. Oleh karena itu, narasumber kegiatan ini juga membawakan beberapa materi seperti financial technology, audit internal perbankan, dan perpajakan.

Kondisi pandemic covid-19 ini yang membuat perkembangan teknologi semakin dikejar dan dipantau kelemahan dan kelebihan di dalam pelaksanaannya sehingga dalam masa recovery pandemic juga semakin cepat dituju. Hal ini yang menjadi poin utama dalam pengambilan tema kegiatan ini khususnya di dalam perkembangan teknologi yang berada di perbankan. Banyak sekali platform-platform yang menjadi jembatan praktis bagi nasabah untuk menikmati layanan-layangan financial yang didukung oleh kemudahaan dan keamanan yang sangat ketat. Namun kurangnya pengetahuan dan pemahaman membuat banyak pihak yang dirugikan khususnya nasabah yang menjadi sasaran dari layanan ini.

 

 

Selain itu, pengelolaan dalam hal tata kelola perbankan juga disampaikan mengingat seringkali terjadi kecurangan yang disebabkan oleh “orang dalam” sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. Tata Kelola juga dipandang menjadi wajah untuk perusahaan dalam menilai keberhasilan sehingga kepercayaan masyarakat dapat diperoleh untuk menyimpan dananya di bank.

Kemudian tak lupa juga, peningkatan kepatuhan sebagai warga negara harus menjadi prioritas utama yaitu pengetahuan mengenai pajak yang semakin berkembang pula. Maka perlu penekanan dalam implementasi di bidang usaha dan perbankan.

Mahasiswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan tanggapan yang diberikan sehingga bisa berjalan aktif dalam berdiskusi. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi embrio yang menunjukkan progress bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi mahasiswa dalam menapak masa depan yang cerah.

Ditulis oleh Uum Helmina Ch., SE., M.Si., Ak., CA

Disunting oleh Humas FE UST