INTERNATIONAL VISITING LECTURE PRODI AKUNTANSI FE UST “RESEARCH METHODOLOGY AND PUBLICATIONS”

INTERNATIONAL VISITING LECTURE PRODI AKUNTANSI FE UST “RESEARCH METHODOLOGY AND PUBLICATIONS”

2022-08-11 12:13:03

...

Dalam upaya mewujudkan visi serta meningkatkan kualitas jalinan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri untuk mendukung pengembangan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST), maka diselenggarakan Internasional Visiting Lecturer dengan tema “Research Methodology and Publications”. Kegiatan diikuti oleh 300 mahasiswa dilaksanakan pada Rabu, 13 Juli 2022 melalui media zoom.

Internasional Visiting Lecturer dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UST, Dr. Suyanto, S.E., M.Si. menghadirkan narasumber Dr. Rozaidy Mahadi dari Universiti Malaysia Sabah dan Prof. Sujoko Efferin dari Universitas Surabaya. International Visiting Lecturer ini merupakan salah satu kegiatan tindak lanjut dari kerjasama yang dilaskanakan oleh FE UST dengan berbagai institusi dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I, Bapak Risal Rinofah, S.E., M.Sc. selaku Wakil Dekan II, Bapak Eko Yulianto, S.T., M.B.A. selaku Wakil  Dekan III, Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Ketua Program Studi Akuntansi, Ibu Nur Anita Chandra Putry, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi, Ketua Program Studi Manajemen, Sekrtaris Program Studi Manajemen, serta seluruh Dosen Fakultas Ekonomi UST.

 

Narasumber pertama, Dr. Rozaidy Mahadi memaparkan tentang Research Methodology: Identifying the gaps dalam penelitian kualitatif. Dalam pembasahannya beliau menyampaikan 6 tips untuk mencari reseach gap dengan mencari inspirasi dari berbagai literatur publikasi, mencari masukan dari pembimbing, memanfaatkan alat digital untuk mencari topik penelitian popular, mencari referensi dari web jurnal popular, mencatat pertanyaan research serta memeriksanya kembali.

Sementara itu, Prof. Sujoko Efferin menyampaikan materi tentang Qualitative Research in Accounting: an Introduction. Pada materinya disampaikan bahwa penelitian qualitative merupakan penelitian dimana peneliti merupakan instrument utama, dengan menggunakan kemampuan dan pengetahuannya memperoleh data dari narasumber penelitian. Tantangan dalam penelitian qualitative yaitu bagaimana seorang peneliti mampu menggali informasi yang diperlukan serta mencoba terjun masuk dalam dunia yang diteliti sehingga mencukupi data yang diperlukan. Diskusi dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta Internasional Visiting Lecturer yang sangat antusis menyampaikan pertanyaan. 

 

Pada sesi akhir, Narasumber memberikan motivasi kepada peserta untuk dapat melakukan penelitian kualitatif dengan mengangkat berbagai ajaran Ki Hadjar Dewantara yang saat ini baru dikembangkan di Prodi Akuntansi FE UST. Kegiatan Internasional Visiting Lecturer kemudian ditutup dengan doa.

 

 

Ditulis oleh Umi Wahidah, S.E., M.Ak.

Disunting oleh Humas FE UST