KULIAH PRAKTISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FE-UST

KULIAH PRAKTISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FE-UST

2022-11-30 10:19:46

...

Kuliah praktisi merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Program Studi Manajemen FE-UST setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 29 November 2022 yang dilaksanakan melalui media online (Zoom). Kuliah praktisi menghadirkan 3 narasumber, yaitu Haryadi, S.E., Akt., M.A.K., A.A.A.I.J., C.R.B.D dari Direktur keuangan dan sistem informasi RSM Dr. YAP; Rinaldi, S.T., MBA., A.Lf. W.M., CFP., QWP. Dari Owner Of Reytama Land, Reeytama Konveksi, dan Discusnine; dan Budiyanto, S.Kom., M.M. dari Managing Director PT. Media Sarana Data (GMEDIA).

Pembuka dan sambutan pada kuliah praktisi ini adalah Bu Nonik Kusuma Ningrum, S.E., M.Sc. sebagai Kaprodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Bu Nonik Kusuma Ningrum, S.E., M.Sc. menyampaikan tujuan dari diselenggarakan kuliah praktisi ini yaitu bertujuan untuk menjembatasi antara teori yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan dan praktek di dunia kerja agar menyiapkan lulusan mahasiswa yang unggul dan memiliki daya saing menuju Indonesia Emas 2045. Pembaca acara pada kuliah praktisi ini adalah Bu Lusia Tria Hatmanti Hutami, S.E., M.M. dengan moderatornya adalah Pak Lalu Supardin, S.E., M.M.

Kuliah praktisi ini mengundang tiga Narasumber yang berkompeten dan memiliki segudang pengalaman sebagai praktisi yaitu: Pak Haryadi, S.E., M.Ak., Akt., AAAIJ., CRBD (Direktur Keuangan dan Sistem Informasi RSM. Dr. YAP) yang menyampaikan tentang Peluang dan Tantangan Keuangan di Era Distruption. Dalam pemaparannya, Pak Haryadi menjelaskan tentang urgensi dari laporan keuangan bagi perusahaan dan investor dan menekankan pada transparansi dan kejujuran dalam pelaporan laporan keuangan. Selain itu Pak Haryadi juga menekankan pada kualitas laporan keuangan dan integrasi laporan keuangan dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yaitu dengan menerapkan Sistem Informasi Manajemen pada laporan keuangan sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh para perusahaan dan investor. Diakhir pemaparannya, Pak Haryadi memberikan tips kepada Mahasiswa yang kedepannya ingin sukses dalam berkarir sebagai praktisi keuangan yaitu Kejujuran dan Integritas tinggi.

Selanjutnya Pak Rinaldi, ST., MBA., Alf.MW., CFP., QWP (Owner Reytama Land, Reytama Konveksi, & Discus Nine) yang menyampaikan tentang Peluang dan Tantangan Pemasaran di Era Distruption. Dalam pemaparannya, Pak Rinaldi menjelaskan tentang orientasi dalam bisnis yaitu selalu berorientasi pada pelanggan dengan selalu melakukan inovasi produk/jasa agar dapat bertahan dipasar dan memenangkan persaingan. Diakhir pemaparannya, Pak Rinaldi menekankan pada pemanfaatan teknologi untuk menjangkau pasar yang luas dengan menggunakan marketplace untuk menjual produk/jasa yang dimiliki.

Terakhir Pak Budiyanto, S.Kom., M.M. (Managing Director PT Media Sarana Data) yang menyampaikan tentang Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Distruption. Dalam pemaparannya, Pak Budiyanto menjelaskan tentang kamajuan teknologi yang secara perlahan mulai menggantikan peran dari manusia walaupun tidak semuanya. Dalam penjelasannya, kemujuan teknologi adalah sebuah tools (alat) untuk membantu manusia dalam bekerja sehingga manusianya harus lebih aware dan mampu menggunakan teknologi. Diakhir pemaparannya, Pak Budiyanto menekankan pada pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, artinya bahwa manusia kedepannya tidak boleh gagap teknologi. Kuliah praktisi ini diakhiri dengan tanya jawab dari para mahasiswa/i dan penyerahan sertifikat untuk ketiga pembicara.

Ditulis oleh Lalu Supardin, S.E., M.M.

Disunting oleh Humas FE UST