Majelis Mahasiswa Fakultas Ekonomi UST Menggelar Acara Internasional Bertajuk “INTERNATIONAL YOUTH DEWANTARA SHARING SESSION: Shaping the Characteristics of Dewantara Muda in Realizing the Excellent and Characterized Economics Faculty”

Majelis Mahasiswa Fakultas Ekonomi UST Menggelar Acara Internasional Bertajuk “INTERNATIONAL YOUTH DEWANTARA SHARING SESSION: Shaping the Characteristics of Dewantara Muda in Realizing the Excellent and Characterized Economics Faculty”

2022-12-06 08:02:09

...

Pada hari Sabtu dan Minggu (22-23/10/2022) Majelis Mahasiswa Fakultas Ekonomi menyelenggarakan acara Internasional yang telah diikuti oleh 312 peserta dari mahasiswa Fakultas Ekonomi UST angkatan 2020, 2021, dan 2022. Pelaksanaan kegiatan ialah dibagi dalam dua hari yaitu hari Sabtu (22/10/2022) dilaksanakan untuk mahasiswa FE angkatan 2020 dan 2022 dan hari Minggu (23/10/2022) dilaksanakan untuk mahasiswa FE angkatan 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 pemateri yang berasal dari Akselerasi corp dan mahasiswa prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, 2 pemateri dari Malaysia dan Thailand yang bergabung secara online melalui Zoom Clouds Meetings.

Materi pertama disampaikan oleh Shahib Anshari Muhajir selaku CEO Akselerasi corp sekaligus mahasiswa di Magister Manajemen UST bertajuk “Building Self Capacity”. Pemateri memberikan materi mengenai cara mengembangkan diri dan membentuk personal branding dan self capacity yang baik sebagai mahasiswa.

Materi kedua disampaikan oleh Mayrisa Eka Putri selaku mahasiswa prodi Akuntansi di Fakultas Ekonomi yang sekaligus merupakan mahasiswa yang mendapatkan Runner-Up 4 dalam perlombaan IACE Speech Contest 2022 di Thepsatri Rajabhat University Thailand. Materi yang disampaikan bertajuk “Let’s Improve Public Speaking and Self Confident!”. Pemateri memberikan materi mengenai cara melatih kemampuan public speaking dan self confident untuk menyokong prestasi akademik dan non-akademik.

Sesi ketiga ialah acara inti yaitu Sharing Sesson bersama dua guest speakers yaitu Nur Hazirah Bt Md Shukor yang merupakan alumni dari Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM) dan Kasama Somkoontod yang merupakan mahasiswa dari Thepsatri Rajabhat University Thailand (TRU). Sharing sesson dilakukan secara hybrid. Materi yang disampaikan berupa sharing pengalaman seputar IACE 2022 dan memberikan tips dan motivasi untuk peserta acara dan dilanjutkan sesi tanya jawab bersama pemateri kedua dan guest speakers.

Pada hari pertama sesi keempat yaitu penyuluhan materi dari sponsorship acara IYDSS yaitu Pegadaian dengan tajuk “Smart Financial Untuk Generasi Pandai Milenial” yang disampaikan oleh Nuril Bulan Marsyah selaku Marketing Officer Pegadaian dan rekan. Pemateri memaparkan betapa pentingnya pintar keuangan dan investasi sejak dini untuk generasi milenial.

Tidak hanya pemaparan materi, acara ini juga menjadi wadah implementasi dari materi yang telah disampaikan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan bakatnya dan adanya games untuk membentuk kerjasama tim.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk melatih mahasiswa dalam membangun personal branding, public speaking, critical thinking, menciptakan motivasi dan percaya diri yang tinggi pada diri mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik, dan meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa. Serta dengan adanya game yang dilaksanakan pada hari minggu dapat melatih kekompakan, konsentrasi mahasiswa, dan dapat menjalin keakraban antar mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Ditulis oleh Mayrisa Eka Putri

Disunting oleh Humas FE UST