UNGGUL DAN BERPERILAKU MULIA: “LESTARIKAN BUDAYA NASIONAL, PRODI AKUNTANSI GELAR FESTIVAL AKUNTANSI SENI DAN BUDAYA”

UNGGUL DAN BERPERILAKU MULIA: “LESTARIKAN BUDAYA NASIONAL, PRODI AKUNTANSI GELAR FESTIVAL AKUNTANSI SENI DAN BUDAYA”

2022-12-09 10:36:24

(Yogyakarta, 3 Desember 2022) Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) sebagai salah satu kampus kebangsaan yang berkomitmen dalam pelestarian kebudayaan nasional berhasil menggelar kegiatan Festival Akuntansi Seni Budaya (FASB) dengan mengangkat tema “Mahakarya Dewantara Muda Bersatu Melalui Seni dan Budaya Dalam Bingkai Ajaran Tamansiswa”. Festival Budaya tahunan yang sempat terhenti selama dua tahun karena Pandemi Covid-19 ini kembali terlaksana dengan tujuan untuk melestarikan budaya tradisional, menghidupkan kembali kecintaan terhadap budaya tradisional, serta memberikan Culture Experience dan Culture Knowledge pada mahasiswa.

Kegiatan yang digelar di Auditorium UST dibuka langsung oleh Dekan FE UST Dr. Suyanto, M.Si. diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi akuntansi, dosen, tenaga kependidikan dan pejabat struktural dekanat. Pada kesempatan ini, Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Kaprodi Akuntansi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang diketuai oleh Sri Lestari Yuli Prastyatini, S.E., M.S.A., Ak., CA. yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan yang hebat. Kegiatan ini juga melibatkan dewan juri eksternal yaitu Dyan Indah Purnama Sari, M.Pd. sebagai juri tari dan Enggar Kartikasari, M.Pd. sebagai juri Fashion Show.

Sejumlah penampilan mahasiswa memeriahkan Festival Akuntansi Seni Budaya diantaranya Fashion show baju adat daerah, Drama cerita rakyat, Film Pendek yang bertemakan ajaran Tamansiswa, serta tarian daerah. Sejumlah perwakilan kelas menampilkan bakat dan potensi terbaiknya untuk berlomba dengan penampilan kelas lain. Pada tahun ini, delegasi yang berhasil menjadi juara antara lain Juara 1 Fashion show (3A02) mengenakan baju Adat Dayak, Juara 1 Drama (5A04) dengan penampilan “Drama Anoman Obong”, Juara 1 Film Pendek (5A02) berjudul Lawan Sastra Ngesti Mulya, Juara 1 Tari Daerah (3A01) menampilkan tarian Wonderland Indonesia. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan bintang tamu yaitu Juan Hafizz dan Devranada.

            Dekan FE UST menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai pewaris generasi penerus bangsa, harus dapat mempertahankan tradisi dan kearifan budaya lokal yang telah diwariskan sejak dulu sebagai identitas bangsa, sehingga budaya yang telah ada akan terus tetap terjaga kelestariannya. Kegiatan ini diharapkan mampu mempertahankan kecintaan mahasiswa terhadap kebudayaan nasional serta mempererat persatuan melalui kebudayaan yang selaras dengan cita cita luhur Tamansiswa. Berita semaraknya Festival Budaya ini juga termuat di media masa https://jogjakeren.com/festival-budaya-fe-ust-dewantara-muda-seni-dan-budaya/

Salam dan Bahagia.

Ditulis oleh: Umi Wahidah, S.E., M.Ak., Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc., Sri Lestari Yuli Prastyatini, S.E., M.S.A., Ak., CA., Widiyanti Ari Setiowati Utami