ENHANCING DEWANTARA MUDA’S KNOWLEDGE THROUGH INTERNATIONAL VISITING LECTURE, IN COLLABORATION WITH UNIVERSITI MALAYSIA SABAH

ENHANCING DEWANTARA MUDA’S KNOWLEDGE THROUGH INTERNATIONAL VISITING LECTURE, IN COLLABORATION WITH UNIVERSITI MALAYSIA SABAH

2022-12-27 14:16:26

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) menyelenggarakan International Visiting Lecturer dengan topik Performance Measurement pada Jumat, 23 Desember 2022 melalui platform Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini merupakan upaya dalam mewujudkan visi serta meningkatkan kualitas jalinan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri untuk mendukung pengembangan Program Studi Akuntansi FE UST.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Universiti Malaysia Sabah, Noor Kaziemah Sariman. International Visiting Lecturer ini merupakan salah satu kegiatan tindak lanjut dari kerjasama yang dilaksanakan oleh FE UST dengan institusi luar negeri. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Ketua Program Studi Akuntansi, tiga dosen pengampu mata kuliah Penganggaran dan Pengendalian Manajemen Ibu Anita Primastiwi, S.E., M.Sc., Ibu Enggar Kartika Cahyaning, S.E., M.Acc., dan Ibu Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc., serta 91 mahasiswa semester lima Program Studi Akuntansi FE UST.

Miss Noor Kaziemah Sariman memaparkan materi Performance Measurement dengan pembahasan lebih lanjut terkait tujuan pengukuran kinerja, desentralisasi & pusat pertanggungjawaban, pengukuran kinerja keuangan dan non keuangan Balanced Scorecard, dan Sustainability & Balanced Scorecard. Dalam pembahasannya, beliau menyampaikan secara komprehensif dengan memberikan contoh-contoh nyata yang terjadi di perusahaan-perusahaan khususnya di Malaysia.

Penyampaian yang mudah dipahami oleh Noor Kaziemah Sariman membuat mahasiswa terlihat antusias dalam mengikuti International Visiting Lecturer meskipun dilaksanakan secara online. Beberapa mahasiswa tampak aktif bertanya dalam sesi diskusi.

Program ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan juga menambah pengalaman mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dengan menghadirkan dosen dari negara lain. Sehingga, ke depannya diharapkan kegiatan International Visiting Lecturer dapat terus diselenggarakan.

 

ditulis oleh:

Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc.

Enggar Kartika Cahyaning, S.E., M.Acc.