Reinforce Lecturer’s Competence through International Visiting Lecture – in collaboration with Universiti Malaysia Sabah

Reinforce Lecturer’s Competence through International Visiting Lecture – in collaboration with Universiti Malaysia Sabah

2022-12-27 14:33:05

Dua dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) yaitu Enggar Kartika Cahyaning, S.E., M.Acc. dan Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc. menjadi narasumber dalam kegiatan International Visiting Lecturer di Universiti Malaysia Sabah (UMS). Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 27 Desember 2022 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

International Visiting Lecturer ini kembali digelar dalam rangka mewujudkan visi serta meningkatkan kualitas jalinan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri untuk mendukung pengembangan Program Studi Akuntansi FE UST. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA. selaku Ketua Program Studi Akuntansi, Miss Noor Kaziemah Sariman selaku dosen Program Studi Akuntansi dari UMS, serta 50 mahasiswa semester lima Program Studi Akuntansi UMS.

Dengan mengangkat tema Pricing and Economic Profit, kegiatan International Visiting Lecturer ini terdiri dari dua sesi. Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc. mengawali sesi dengan memberikan pemaparan mengenai Pricing Decision. Dalam pemaparannya, Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc. menjelaskan secara komprehensif terkait faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga dengan memberikan contoh nyata baik dari perusahaan Indonesia maupun perusahaan berskala internasional.

Pemaparan materi selanjutnya terkait dengan Economic Profit & Pricing Strategies disampaikan oleh Enggar Kartika Cahyaning, S.E., M.Acc. Dalam pemaparannya, Enggar Kartika Cahyaning, S.E. menjelaskan secara rinci terkait konsep profit, baik dari sisi ekonomi maupun dari sisi akuntansi dan strategi yang dilakukan perusahaan dalam menetapkan harga produk atau jasanya dengan disertai contoh nyata dari perusahaan berskala internasional.

Melihat antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini serta melihat manfaat yang diperoleh oleh dosen dalam menambah pengalaman dalam mengajar mahasiswa asing, harapan ke depannya kegiatan International Visiting Lecturer dapat terus diselenggarakan.

ditulis oleh:

Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.Sc.

Enggar Kartika Cahyaning, S.E., M.Acc.