Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) Tahun 2022

Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) Tahun 2022

2023-01-17 14:13:29

Sukses Melaksanakan Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) dalam 4 Periode di Tahun 2022

Test Center Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta pada tahun 2022 sukses melaksanakan kegiatan Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) untuk Mahasiswa Akuntasi UST ataupun Umum dalam 4 periode Pelatihan.

Kegiatan yang merupakan agenda wajib bagi Test Center ini dilaksanakan secara daring melalui zoom.

Total sebanyak 230 Mahasiswa Akuntansi UST Yogyakarta telah mengikuti Pelatihan ACPA dengan rincian Periode 1 yaitu Bulan April-Mei 2022 sebanyak 87 peserta, Periode 2 yaitu Bulan Juni-September 2022 sebanyak 54 peserta, Periode 3 yaitu Bulan September-Oktober 2022 sebanyak 48 peserta dan Periode 4 yaitu Bulan November-Desember 2022 sebanyak 41 peserta.

Pada pelaksanaan Pelatihan ACPA UST Test Center bekerja sama dengan beberapa pihak yang kompeten dibidangnya sebagai narasumber, seperti praktisi dari DJP, KAP dan juga Dosen Akuntansi.
Materi yang diberikan kepada peserta merupakan materi ACPA yang diujikan pada Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP) yang diselenggarakan oleh IAPI. Materi tersebut ialah Pengantar Auditing & Assurans, Akuntansi & Pelaporan Keuangan, Pengantar Ekonomi Makro & Mikro, Pengantar Manajemen, Perpajakan & Hukum Bisnis, Akuntansi Biaya, Manajemen Keuangan & Sistem Informasi.

Kegiatan Pelatihan ACPA ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan latihan soal pada setiap mata uji yang diujikan agar peserta memiliki gambaran dalam mengerjakan soal ujian sertifikasi ACPA. Untuk memenuhi kualitas SDM yang andal dan kompeten, Sumber Daya Manusia tidak cukup hanya dibekali dengan ijazah, tetapi juga dengan sertifikat yang diakui untuk menunjang kinerja SDM di industri perusahan. Selain itu juga bertujuan untuk membantu untuk mengenalkan adanya ujian sertifikasi di bidang akuntansi yang diselenggarakan oleh IAPI.