Kompeten dan Bersertifikasi: Prodi AKuntansi Melaksanakan Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) Periode April-Mei Tahun 2022

Kompeten dan Bersertifikasi: Prodi AKuntansi Melaksanakan Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) Periode April-Mei Tahun 2022

2023-01-17 14:40:25

...

Test Center Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta pada tahun 2022 sukses melaksanakan kegiatan Pelatihan Associate Certified Public Accountant (ACPA) untuk Mahasiswa Akuntasi UST ataupun Umum di periode bulan April-Mei 2022. Kegiatan yang merupakan agenda wajib bagi dan pelatihan periode pertama Test Center pada tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring melalui zoom yang dilaksanakan setiap hari weekend pukul 13.00-17.30 WIB.

Total sebanyak 87 Mahasiswa Akuntansi UST Yogyakarta telah mengikuti Pelatihan ACPA dan sukses mendapatkan sertifikat pelatihan ACPA untuk lima mata uji yang dilatihkan. Materi yang diberikan kepada peserta merupakan materi ACPA yang diujikan pada Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP) yang diselenggarakan oleh IAPI. Materi tersebut ialah Pengantar Auditing & Assurans, Akuntansi & Pelaporan Keuangan, Pengantar Ekonomi Makro & Mikro, Pengantar Manajemen, Perpajakan & Hukum Bisnis, Akuntansi Biaya, Manajemen Keuangan & Sistem Informasi.

Pada pelaksanaan Pelatihan ACPA UST Test Center bekerja sama dengan beberapa pihak yang kompeten dibidangnya sebagai narasumber, seperti praktisi dari DJP, KAP dan juga Dosen Akuntansi. Meskipun dalam pelaksanaan pelatihan secara daring melalui zoom, setiap praktisi memberikan materi dalam bentuk PDF yang dimaksudkan agar setiap peserta dapat mempelajari terlebih dahulu, kemudian pada sesi Latihan dapat terjalin komunikasi dua arah. Selain itu juga beberapa dari praktisi yang mengisi sangat terbuka bagi peserta yang ingin menanyakan lebih lanjut mengenai materi diluar dari sesi pelatihan.

Kegiatan Pelatihan ACPA ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan latihan soal pada setiap mata uji yang diujikan agar peserta memiliki gambaran dalam mengerjakan soal ujian sertifikasi ACPA. Untuk memenuhi kualitas SDM yang andal dan kompeten, Sumber Daya Manusia tidak cukup hanya dibekali dengan ijazah, tetapi juga dengan sertifikat yang diakui untuk menunjang kinerja SDM di industri perusahan. Selain itu juga bertujuan untuk membantu untuk mengenalkan adanya ujian sertifikasi di bidang akuntansi yang diselenggarakan oleh IAPI.